August 2, 2010

Permainan Traditional

Kemarin pada tanggal 1 Agustus 2010 ketika melihat acara TV di ada acara yang membahas tentang permainan tradisional indonesia. seperti hompimpah, Petak umpet, Galah asin dan boy-boy an, dari situ jadi keinget waktu kecil dulu.

tiap malam jum'at pasti anak-anak kecil dirumah memainkan permainan-permainan itu. dan yang paling seru adalah permainan galah asin. dimana lokasi permainan adalah lapangan di sebelah rumah.kalau udah main itu dijamin sampai keringetan dan lemes ketawa dan lari-lari.

Ilustrasi Permainan Galah Asin

Sartu lagi yang ga kalah seru adalah permainan boy-boy an. permainan ini biasanya dimainkan di sore hari.di lapangan dan sebagai pengganti bola kertas yang biasa digunakan diganti menjadi bola tenis lapangan bekas. dan peraturan dirubah sedikit dengan bola boleh di tendang dan di sundul, sehingga permainan bisa berlangsung lebih lama.

Sayangnya permainan seperti itu sudah seperti hilang ditelan jaman. Atau memang karena sudah tidak ada lagi lokasi bermain seperti dulu. permainan yang mampu mengasah motorik anak itu sekarang tidak pernah lagi terlihat setidaknya di area rumahku. atau mungkin sekarang permainannya diganti dengan permainan digital macam playstation dan game online di internet.

Ingin rasanya mengenalkan kembali permainan itu ke generasi penerus. semoga budaya itu tidak akan sampai hilang atau punah sepenuhnya. (clk/dr bnyk sumber)

No comments:

Post a Comment